12 Januari 2010

Khasiat Tomat

By Yogi Rahmantyo  |  1/12/2010 05:16:00 PM No comments

Sebagai bahan makanan yang mudah ditemukan atau dibeli di pasaran, buah tomat termasuk bahan makanan yang dikonsumsi banyak orang. Karena kaya dengan kandungan vitamin dan mineral, para pakar kesehatan menganjurkan untuk sering mengkonsumsi buah tomat segar. Dan baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa tomat terbukti mampu merangsang agar peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Bahkan disebut-sebut sebagai alternatif pengganti aspirin karena khasiat yang dimiliki oleh buah tomat untuk melancarkan peredaran darah.

Khasiat tomat untuk melancarkan peredaran darah itu dikarenakan adanya kandungan gelatin alami dalam buah tomat. Demikian laporan dari kelompok peneliti di negeri Inggris.

Tomat Alternatif Pengganti Aspirin
Kandungan gel atau gelatin alami yang terdapat dalam tomat telah diidentifikasi peneliti di Inggris sebagai kunci penting untuk kesehatan. Gel ini diyakini para peneliti mampu melancarkan sirkulasi darah. Secara karakteristik, gel pada tomat umumnya berwarna dan memiliki rasa. Peneliti di Inggris bahkan meyakini bahwa gel itu bila dibaurkan pada makanan tidak akan mengubah komponen dasarnya.
Komisi Kesehatan Uni Eropa yang telah menerima laporan dari peneliti asal Inggris terkait kandungan pada gel tomat yang mampu memperlancar peredaran darah, telah menyetujui Penggunaan getah ini dalam bentuk obat kemasan.

Sementara itu, jutaan masyarakat berusia lanjut telah mengkonsumsi aspirin dalam dosis rendah guna memperlancar peredaran darah. Meski begitu, peneliti merasa khawatir penggunaan aspirin meninggalkan efek seperti pendarahan pada perut dan pembentukan bisul.

Profesor Asim Dutta-Roy dari Rowwet Institute di Aberdeen, Skotlandia mengatakan Fruitflow (nama gel tomat itu)sangat baik untuk digunakan sebagai pengganti aspirin. "Hingga kini, tidak terlihat efek negatif yang berhasil terekam saat percobaan pengembangan Fruitflow berlangsung," tukasnya.

Pernyataan Dutta-Roy juga didukung keberhasilan fruitflow memberikan efek terhadap peredaraan darah hanya 3 jam setelah dikonsumsi dan manfaatnya pada tubuh berlangsung hingga 18 Jam. Hasil ini tentu ideal untuk dikonsumsi setiap hari. Dalam perkembangannya, fruitflow tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul tapi juga jus. Fruitflow sendiri sudah dijual bebas diberbagai apotik atau toko obat.

Optimalkan Khasiat Tomat
Orang Italia menyebut tomat dengan sebutan pomodoro, sedangkan warga Prancis menamai tomat sebagai pomme d’amour. Kedua nama yang bisa berarti sama, yakni apel cinta. Konon penamaan tersebut ditilik dari fungsi tomat yang memang sudah dimanfaatkan sejak zaman kekaisaran di Eropa sebagai tonic juice atau jus penguat yang diminum menjelang bercinta. Hmmm…

Selain itu apa saja manfaat lain dari tomat? Berikut manfaat tomat dikutip dari tulisan Wied Harry Apriadji berjudul Makan Enak untuk Hidup Sehat, Bahagia & Awet Muda (Gramedia, 2007):
@ Sebelum diolah menjadi sambal atau dibuat jus, rebus atau kukus tomat terlebih dulu. Hal ini untuk meningkatkan kadar likopen tomat dan menjadikan penampilan jus tomat lebih menarik karena warnanya lebih merah.
@ Batasi menggoreng tomat, karena likopen yang larut dalam lemak justru lebih sulit diserap tubuh.
@ Untuk mengencangkan dan melembutkan kulit wajah, parutlah tomat, lalu manfaatkan sebagai masker, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 menit hingga mongering. Bilas dan bersihkan dengan air suam-suam kuku.
@ Sebagai penurun demam: tomat bisa disantap segar begitu saja atau diminum sari tomat dari tomat segar yang telah direbus 1-2 menit.

Hmmm.....semakin tertarikkah anda dengan buah satu ini?



dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

Author: Yogi Rahmantyo

Hello.. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sukses!!

0 comments:

Gratis!!

Daftarkan email Anda dan dapatkan artikel menarik setiap harinya.

Recent Articles

© 2014 Blog Anak Desa. WP themonic converted by Bloggertheme9. Powered by Blogger.
TOP